Taekwondo Kapolri Cup II Sukses Di Gelar di POPKI Cibubur

Sep, 18 2019
Info Kejuaraan

Kepolisian Republik Indonesia  bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar kejuaraan nasional taekwondo di GOR Popki, Cibubur. Kejuaraan yang mempertandingkan kategori Kyorugi dan Poomsae dari pemula dan prestasi ini diikuti oleh 2500 peserta dari anak-anak hingga dewasa termasuk dari unsur Polri diberbagai polda dan Polres di Indonesia. Acara dibuka langsung oleh Asisten SDM Polri Irjen Eko Indra Heri, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono dan Staf Ahli Bid Hukum Olahraga Samsudin. Pembukaan juga di meriahkan dengan  penampilan atraksi demonstrasi taekwondo peragaan bela diri dari atlet taekwondo.

 

Dalam sambutannya  Irjen Eko Indra Heri menyampaikan bahwa pihaknya bersyukur kejuaraan yang bertujuan untuk membangun semangat generasi muda yang kuat dan berkarakter ini kembali di gelar untuk yang keduanya. Dirinya berharap kejuaraan ini menjadi agenda rutin tahunan yang diharapkan nantinya juga data melahirkan bibit-bibit taekwondoin handal dan berprestasi nasional serta dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

 

"Puji dan syukur pada hari ini kita dapat hadir dalam pembukaan kejuaraan Taekwondo Kapolri 2019 yang kedua, dengan tema 'Dengan Olahraga Membangun Generasi Muda yang Kuat dan Berkarakter'," kata Eko saat sambutan pembukaan.

 

Eko mengatakan Indonesia saat ini menghadapi berbagai tantangan yang semakin kompleks. Karena itu, menurutnya mempersiapkan generasi muda merupakan bagian dari tanggung jawab Polri. "Salah satunya dengan pembinaan generasi muda secara berkelanjutan, dalam kaitan hal ini Polri mendukung penuh terselenggaranya kejuaraan Taekwondo Piala Polri 2019 ini, kegiatan ini sebagai salah satu upaya Polri untuk turut serta dalam membentuk karakter generasi muda yang berprestasi, khususnya dalam bidang olahraga bela diri taekwondo," ucap Eko.

 

"Kegiatan ini sebagai salah satu upaya Polri untuk turut serta dalam membentuk karakter generasi muda yang berprestasi khususnya dalam bidang olahraga bela diri taekwondo," sebut Eko.

 

Kejuaraan ini mempertandingkan kategori Pra Cadet, Cadet, Junior dan Senior. Untuk pemula mempertandingkan kategori Kyorugi dan Poomsae usia 5 tahun sampai dengan 17 tahun, Pra Cadet A, Pra Cadet B, Pra Cadet C, Cadet dan Junior. Untuk kategori prestasi mempertandingkan Kyorugi dan Poomsae usia 12 tahun sampai dengan 30 tahun, Cadet, Junior dan Senior. Untuk nomor poomsae mempertandingkan Individual (Putra dan Putri), Team (Putra dan Putri) dan Pair (Berpasangan)

 

Kontingen Polda Jabar Juara Umum

 

Kontingen Taekwondo Polda Jabar akhirnya kembali meraih Juara Umum. Terkait dengan pencapaian hasil ini, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K., menginformasikan bahwa piala dan penghargaan sebagai Juara Umum tersebut, diterima langsung oleh Kapolres Bogor AKBP Andi Moch Dicky. P.G., S.Sos., S.I.K., M.H di acara penutupan.  Piala Juara Umum tersebut diserahkan oleh Karo Watpers SSDM Polri Brigjen Pol. Dra. Sri Handayani, M.H.

 

Kapolres Bogor, AKBP Andi Moch Dicky P.G. S.Sos., S.I.K., M.H., selaku Pembina Cabang Olahraga Taekwondo Polda Jawa Barat saat diminta keterangannya mengatakan, Kontingen Polda Jabar dalam Turnament Taekwondo Kapolri CUP 2019 ini mengirimkan 8 atlet terdiri dari 5 atlet pria dan 3 atlet wanita.

 

Dari 8 Atlet pengiriman Polda Jabar tersebut, Kontingen Polda Jabar mendapatkan perolehan 5 emas dan 1 (satu) perunggu, atas nama :

1. Bripda Annisa Cinthya Medina, Kelas Under 62 KG Putri (Emas)
2. Bripda Agnes Permata Rahayu, Kelas Under 67 KG Putri (Emas)
3. Bripda Arif Saepul Iman, Kelas Under 68 KG Putra (Emas)
4. Bripda Bintang Bagastian Nugraha, Kelas 58 KG Putra (Emas)
5. Bripda Januar Millen, Kelas Over 80 KG Putra (Emas)
6. Bripda Rizki Vira Nuramalia, Kelas Under 57 KG Putri (perunggu)

 

“Dengan pencapaian tersebut, diharapkan kedepan prestasi ini tidak berhenti hanya disini, akan tetapi juga dapat berkiprah ke level internasional,” pungkas Kapolres Bogor Polda Jabar.