Kejuaraan Taekwondo ISTC Sukses di Gelar di GOR Ciracas Jakarta Timur

Sep, 04 2019
Info Kejuaraan

Kejuaraan Indonesia Student Taekwondo Championships (ISTC) III yang berlangsung di GOR CIracas Jakarta Timur 29 – 31 Agustus 21019 sukses digelar. Kejuaraan open turnamen berskala nasional yang sudah berlangsung untuk ketiga kalinya ini diikuti sekitar 2500 peserta dari DKI Jakarta dan beberapa daerah ditanah air.

 

Kejuaraan yang memperebutkan piala Ketua Umum Taekwondo DKI Jakarta Bapak Mayjen Ivan Pelealu, S.E., M.M ini terselenggara atas dukungan Yayasan Anak Bangsa Berprestasi (YABB). Menurut Ketua Yayasan sekaligus ketua penyelenggara kejuaraan, Fernando Sinisuka, mengatakan bahwa kejuaraan yang digelar rutin ini sengaja di prioritaskan untuk para taekwondoin pemula dan junior. Dirinya ingin dari ajang ini, atmosfir sportifitas serta disiplin anak-anak sudah terlatih dengan begiat dalam olahraga taekwondo sedari dini sebagai proses tumbuh kembang character building dan jiwa nasionalisme.

 

“Olahraga beladiri, termasuk taekwondo yang saya ketahui adalah salah satu olahraga yang memadu-padan bukan hanya soal skill dan prestasi, tapi juga soal pembentukan karakter dan moral, kedisiplinan dan semangat jiwa nasionalisme”. Ujar Fernando yang juga sebagai praktisi Taekwondo dan anggota Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) itu kepada TIN.

 

Dalam konteks itulah, menurutnya tujuan diselenggarakannya kejuaraan ini yang akan diupayakan digelar secara rutin minimal dua kali dalam setahun. Selain itu, melalui pengalaman bertanding yang dimiliki para atlet, kejuaraan yang mempertandingkan disiplin poomsae (jurus) dan kyorugi (tarung) ini juga diharapkan akan meningkatkan semangat, tolok ukur dan progress prestasi para atlet. Sekaligus dirinya berharap ajang ini menjadi bagian dari proses evaluasi bagi klub atau dojang dalam urusan pembinaan para atletnya masing-masing.

 

“Dengan standard pertandingan sesuai dengan SOP PBTI, ISTC diharapkan menjadi salah satu rujukan bagi para pelatih dan Pembina klub untuk menjadikan ajang kejuaraan ini sebagai bahan evaluasi atas pencapaian program pembinaan para atletnya di klub atau dojang masing-masing “ Imbuh Nando.

 

Kejuaraan dibuka langsung oleh Ketua Umum Taekwondo DKI Jakarta Bapak Mayjen Ivan Pelealu, S.E., M.M. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan harapannya bahwa  kejuaraan ini akan menjadi agenda rutin taekwondo DKI Jakarta. Menurutnya kejuaraan ini dapat menjadi wadah efektif bagi para pelatih dan Pembina klub ataupun dojang di DKI Jakarta khususnya dan di daerah-daerahnya umumnya. Termasuk tentunya bagi para atlet yang dibina di pelatda-pelatda untuk mengukur kualitas potensi para atletnya.  Sejauhmana hasil program kepelatihannya selama ini. berdampak positif bagi para atlet. Sebagai Wadah efektif itu karena menurutnya kejuaraan ini sudah sangat baik. Baik dari segi teknis tata kelola administrasinya maupun maupun dari segi teknis pertandingannya yang sudah sangat sesuai dengan SOP PBTI.

 

“Saya mengharapkan lahirnya bibit - bibit atlet  yang sangat potensial dari kejuaraan ini dan kedepannya bisa membawa nama DKI Jakarta di kancah kejuaraan tingkat nasional atau pun Pekan Olahraga Nasional (PON) serta ajang yang lebih tinggi lainnya di Internasional.” Terang Ketua Umum TI DKI Jakarta, Bapak Ivan

 

Hadir dalam acara pembukaan, selain Ketua Umum beserta jajaran pengurus TI DKI Jakarta, juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Kabid Binpres) PBTI Bapak Yefi Triaji, Ketua Komisi Perwasitan PBTI, Hans Prihatindra, Ketua Komisi Pertandingan PBTI, Charles Lumban Gaol dan beberapa praktisi senior Taekwondo DKI dan daerah  

 

Pembukaan juga dimeriahkan oleh pertunjukkan atlet Poomsae dan Freestyle DKI Jakarta. Kehadiran atlet poomsae DKI dalam memeriahkan acara, dimaksudkan untuk menambah kepercayaan diri mereka sebelum tampil di Prapon yang akan berlangsung beberapa minggu lagi kedepan.

 

"Dalam pertunjukkan ini kita menampilkan tim terbaik kategori Poomsae dan Freestyle untuk menambah percaya diri atlet sebelum tampil untuk pertandingan Pra pon yang akan  di selenggarakan di Banten pada bulan Oktober nanti. Harapannya semoga anak-anak tidak lagi gugup dan lebih percaya diri". Ujar ketua tim pelatda DKI, Syafrizal Tanjung

 

Berikut adalah klub atau dojang yang menjadi juara di ajang ISTC :

1. Juara umum 1 over all dari Rockstar Gym
2. Juara umum 2 over all dari Macan Timur
3. Juara Umum 3 over all dari RTC Jakarta
4. juara umum 1 kyorugi cadet preatasi dari Inti club 
5. juara umum 2 kyorugi cadet preatasi dari  Matahari dari timur
6. juara umum 3 kyorugi cadet preatasi dari Dreeborn
7.  The best team 1 kyorugi junior dari Baladhika
8. The best team 2 kyorugi junior dari  Z'blast 
9. The best team 3 kyorugi junior dari Sapta Taekwondo
10. The best team 1 kyorugi cadet dari Inti Club
11. The best team 2 kyorugi cadet dari Kota Jambi Taekwondo
12. The best team 3 kyorugi cadet dari Shark
13. Juara umum 1 kyorugi pra cadet A dari Dekade 
14. Juara umum 2 Kyorugi pra cadet A dari D'prins
15. Juara umum 3 Kyorugi pra cadet A dari Chommente
16. Juara umum 1 Kyorugi pra cadet B dari  Barris
17. Juara umum 2 Kyorugi pra cadet B dari YTC Fighter 
18. Juara umum 3 Kyorugi pra cadet B dari Wirabuana
19. Juara umum 1 Kyorugi pra cadet C dari Cijantung
20. Juara umum 2 Kyorugi pra cadet C dari Momentum
21. Juara umum 3 Kyorugi pra cadet C dari ICM team
22. Juara umum 1 Kyorugi pra cadet D dari Moners Horodo
23. Juara umum 2 Kyorugi pra cadet D dari Sparta
24. Juara umum 3 Kyorugi pra cadet D dari Elite Yeodan
25. Juara umum 1 Pomsae pra cadet A dari D'Reeborn
26. Juara umum 2 Pomsae pra cadet A dari Junos 
27. Juara umum 3 Pomsae pra cadet A dari 01 Menteng Inti club
28. Juara umum 1 Pomsae pra cadet B dari Speed club
29. Juara umum 2 Pomsae pra cadet B dari Bttc Kelapa Dua
30. Juara umum 3 Pomsae pra cadet B dari Garuda muda
31. Juara umum 1 Pomsae pra cadet C dari Cakra Rajasa
32. Juara umum 2 Pomsae pra cadet C dari Power Taekwondo team
33. Juara umum 3 Pomsae pra cadet C dari Moners Jati Waringin

*) Agie Septian Prasbowo