Jawa Barat Juara Umum Kejurnas Sekaligus Babak Kualifikasi PON XX

Sep, 30 2019
Info PBTI

Gelaran kejuaraan Babak Kualifikasi PON XX 2020 Papua yang berlangsung di Stadiun Sport Center Kab Tangerang, Banten 27 – 29 September 2019 akhirnya berakhir. Dari total keseluruhan medali, Propinsi Jawa Barat menjadi juara umum dengan raihan  19 emas, 6 perak, peringkat kedua diraih propinsi Jawa Tengah dengan merebut 13 emas, 1 perak dan 3 perunggu, serta peringkat ketiga diraih propinsi Kalimantan Timur dengan raihan  10 emas, 9 perak dan 4 perunggu. Peringkat ini juga secara kebetulan menggambarkan juara-juara umum di masing-masing grup. Seperti diketahui, Jabar menempati grup A, Jawa Tengah menempati grup B dan Kalimantan Timur menempati grup C.

Selain peringkat medali. Secara keseluruhan, dengan melihat persebaran medali yang diraih oleh masing-masing propinsi  yang berlaga di ajang ini, dapat dipastikan daerah yang lolos mengikuti PON XX 2020 yang berlangsung di Papua tahun depan. Propinsi-propinsi yang lolos selain Jawa Barat, Jawa Tengah dan Kalimantan Timur adalah propinsi Aceh, Bali, Banten, DIY, DKI Jakarta Gorontalo, Jambi, Jawa Timur Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, Sulawesi Selatan.dan Sulawesi Utara.

Adapun propinsi yang kurang berhasil mendapat tiket PON XX Papua 2020 adalah propinsi Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Papua Barat dan Kalimantan Utara.

Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), Letjen (TNI) Purn Thamrin Marzuki dalam sambutan penutupan Babak Kualifikasi PON XX Papua ini mengatakan bahwa, ternyata dari hasil babak kualifikasi ini, terjadi peningkatan prestasi atlet yang hampir merata di masing-masing pengprov.

“Saya mencermati adanya daerah-daerah yang sebelumnya belum mendapatkan medali di Pra PON empat tahun lalu, di ajang ini daerah-daerah tersebut berhasil meraih medali. Empat tahun lalu di PON XIX, hanya 16 daerah yang lolos, tahun ini ternyata lebih 20 pengprov berhasil meraih tiket PON XX. Ini menandakan bahwa pemerataan prestasi yang sudah berlangsung beberapa tahun ini, terus terjadi sampai gelaran Pra PON XX. Ini artinya program yang sinergis antara PBTI dengan pengprov cukup berhasil.” Ujar Thamrin Marzuki.

Menurut Ketua Umum PBTI, dengan gambaran komposisi sebaran medali ini, dirinya opitimis bahwa cabor taekwondo akan berbicara maksimal di ajang Sea Games Filipina. Terkait dengan optimism itu, Bapak Thamrin Marzuki, merencanakan sebuah program yakni, disamping atlet-atlet yang sudah dipastikan bergabung di pelatnas, dirinya akan mempersiapkan atlet lapis kedua atau cadangan. Khususnya yang berasal dari atlet-atlet yang lolos di Pra PON dan PON nanti. Dirinya juga akan lebih selektif untuk meningkatkan promosi dan degradasi atlet. Jika atlet pelatnas tidak berprestasi, maka akan langsung turun dan digantikan dengan atlet pelapis yang diangap enonjol dan berpotensi menggantikan atlet pelatnas.

Dalam kesempatan ini pula, Ketua Umum PBTI juga berpesan kepada pengurus propinsi untuk lebih maksimal lagi meningkatkan program pembinaan dan pengembangan prestasi atlet di daerah. Tentunya program pembinaan tersebut haruslah bersinergi dengan program PBTI.

Mengakhiri sambutannya, Ketua Umum PBTI mengucapkan terima ksih kepada seluruh pihak yang membantu terlaksananya babak kualifikasi PON XX  ini. Khususnya kepada propinsi Banten yang menjadi tuan rumah gelaran empat tahun sekali ini, termasuk kepada panitia penyelenggara yang bertugas dari perencanaan hingga selesainya kejuaraan ini..

Berikut adalah hasil keseluruhan raihan medali yang diperoleh di Babak Kualifikasi PON

XX :

 

PROVINSI

EMAS

PERAK

PERUNGGU

TOTAL

POOL A

25

23

40

88

JAWA BARAT

19

6

 

25

RIAU

2

4

8

14

SULAWESI TENGAH

2

4

8

14

JAMBI

2

2

2

6

DIY

 

6

6

12

MALUKU UTARA

 

1

2

3

ACEH

 

 

4

4

KALIMANTAN TENGAH

 

 

3

3

SULAWESI TENGGARA

 

 

3

3

SULAWESI SELATAN

 

 

2

2

BENGKULU

 

 

2

2

POOL B

25

25

41

91

JAWA TENGAH 

13

1

4

18

BANTEN

6

6

8

20

DKI JAKARTA

3

14

6

23

SUMATERA BARAT

1

3

7

11

KALIMANTAN UTARA

1

 

3

4

NTB

1

 

2

3

SULAWESI UTARA

 

1

1

2

SUMATERA SELATAN

 

 

5

5

MALUKU

 

 

2

2

KALIMANTAN SELATAN

 

 

2

2

PAPUA BARAT

 

 

1

1

POOL C

25

23

42

90

KALIMANTAN TIMUR

10

9

4

23

BALI

8

5

5

18

JAWA TIMUR

4

7

5

16

SUMATERA UTARA

1

1

2

4

PAPUA

1

 

6

7

GORONTALO

1

 

1

2

NTT

 

1

2

3

KALIMANTAN BARAT

 

 

8

8

LAMPUNG

 

 

4

4

BANGKA BELITUNG

 

 

4

4

KEPULAUAN RIAU

 

 

1

1

Grand Total

75

71

123

269