Kumgang Taekwondo Academy, Kembali Harumkan Indonesia di Pentas Internasional

Nov, 24 2020
Info Kejuaraan

Klub Taekwondo Indonesia Kumgang Taekwondo Academy (KTA) kembali berhasil mengharumkan nama Indonesia di event kejuaraan taekwondo Internasional. Setelah sebelumnya sukses di ajang 1st Korean Martial Art (KOMAS) - Open Global Taekwondo Poomsae Championships 2020 yang diselenggarakan oleh World Taekwondo Poomsae Trainner Association (WTPTA), Taiwan Open International Poomsae Championships 2020”, OWTA World Poomsae Championships, Online Peace Poomsae Championships dan beberapa kejuaraan internasional lainnya. Kali ini KTA sukses meraih 4 medali emas, 1 perak dan 3 medali perunggu di kejuaraan Internasional “Seoul Cup International Children Taekwondo Championship 2020”. Medali emas diraih atlet atas nama Bhanurasmi Kirana Salasika Djokonugroho, Jordan Omar P. dan Eijaz Arshya Ekaputra dan Yasmin Aqilah H. Perak direbut oleh atlet yang bernama Kiera Alesha Anindita. Adapun medali perunggu diraih oleh atlet Ivana Arshyla D dan Gibran Zaki Isad.  

 

Kejuaraan Internasional yang dilaksanakan oleh Komite Olahraga Anak Dunia ini digelar pada tanggal 21 – 22 November 2020. Kejuaraan diikuti sebanyak 3566 peserta dari 34 negara di seluruh dunia. Tuan rumah Korea sendiri mengikutsertakan sebanyak 1266 atletnya. Kejuaraan ini khusus diikuti  anak-anak berusia 7 – 13 tahun dengan mempertandingkan kategori poomsae, pommsae sabuk warna (color belt) dan Gyeongyeon (Taekwon Aerobik dan poomsae dengan musik).

 

Presiden Komite Olahraga Anak Dunia, Hyun Suk Seo ketika membuka kejuaraan ini dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya merasa bangga dan merasa terhormat. Hal ini dikarenakan Kejuaraan Taekwondo Anak Terbuka Internasional secara virtual, yang dilaksanakan ditengah pandemi covid – 19 ini dapat terselenggara karena diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai negara di dunia.

 

“Banyaknya atlet yang mengikuti kejuaraan ini menunjukkan bahwa kejuaraan ini diapresiasi positif oleh para peserta dan memiliki nilai yang baik bagi para atlet untuk menambah pengalamannya bertanding.” Ujarnya

 

Lebih lanjut Hyun Suk Seo mengatakan bahwa pihaknya berterima kasih atas suksesnya penyelenggaraan kejuaraan. Harapannya kejuaraan ini akan terus dilaksanakan secara offline di tahun depan dengan memasukkan kategori kyorugi. Hadir dalam acara pembukaan Presiden Dewan Olahraga Seoul Won Hah Park dan Majelis Nasional Presiden Federasi Taekwondo Dong Sup Lee.

 

Sementara itu, terkait dengan keberhasilan Kumgang Taekwondo Academy (KTA) dibeberapa kejuaraan internasional, termasuk kejuaraan “Seoul Cup International Children Taekwondo Championship 2020” ini, pelatih kepala KTA Edy Djunaidy mengatakan, ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh tim. Dari atlet, pelatih dan peran orang tua yang mendukung prestasi atlet-atlet KTA.

 

“Sinergitas dan kolaborasi antara atlet, pelatih, orang tua yang ditopang pula oleh kurikukulm kepelatihan yang terprogram dan terukur adalah salah satu indikator dari keberhasilan sistem pembinaan dan pengembangan prestasi di KTA. Dan hasil dari kejuaraan-kejuaraan internasional yang telah diikuti, adalah output yang dihasilkan dari usaha yang dilakukan oleh KTA selama ini” Ujar Edy.

 

Ditambahkan Edy, capaian hasil positif ini perlu ditindaklanjuti terus dengan kerja keras, sambil kita lakukan evaluasi, menelaah segala bentuk kekurangan. Dirinya optimis, dengan melihat potensi yang ada kedepan atlet-atlet KTA akan dapat berbicara banyak di pentas nasional prestasi taekwondo Indonesia. Harapannya tidak menutup kemungkinan, KTA bisa memberikan kontribusi berupa atlet-atletnya di timnas taekwondo Indonesia nantinya.

 

Untuk diketahui, Dojang taekwondo yang bernama “Kumgang Taekwondo Academy (KTA) dikelola oleh para praktisi taekwondo Indonesia yang berpengalaman. Dewan guru KTA adalah  Master A.R Hasibuan dan Master Wahyu Hagono. Para pelatih terdiri dari Master Edy Djunaedy sebagai head of coach, Sabeum Hari Purnomo, Sabeum Basuki K, Sabeum Emil Syahrial, Sabeum Deny Airlangga, Sabeum Soni Keswani, Sabeum Rizal Samsir dan Sabeum Rivo ini memiliki visi “Once a Champion Always a Champion” yang pada intinya kedepan akan menjadikan “Kumgang Taekwondo” sebagai wahana yang menampung minat dan bakat bagi para siswa yang memiliki motivasi untuk berprestasi dan juara dalam olahraga beladiri taekwondo. Berdiri pada Maret 2016, saat ini  KTA sudah memiliki 9 unit latihan yaitu KTA Regnbue Bintaro, KTA Pancoran,  KTA Altha Bintaro, KTA Sultan Grogol, KTA Komp. Kodam Jatiwaringin, KTA Habitat Cuater Serpong, KTA Balai Pustaka, KTA Komp Polri Duren Tiga  dan KTA SMPN 22 Jakarta.

 

 

Info KTA :  08111683255