Gantikan Karsono, Andi Harun Kembali Pimpin Taekwondo Kaltim

Apr, 11 2021
Info PBTI

Musyawarah Propinsi (Musprov) Taekwondo Indonesia Kalimantan Timur, akhirnya menetapkan H. Andi Harun yang dipilih secara aklamasi sebagai Ketua Pengprov TI Kaltim (periode 2021-2025) menggantikan Karsono. Musprov TI Kaltim tersebut berlangsung di Dojang Taekwondo, Polder Air Hitam, Samarinda, Kaltim. (11/4)

Menurut Panitia pelaksana Musprov, Alfons T Lung, Walaupun Bapak H. Andi Harun tidak hadir, namun informasi kesediaan beliau untuk kembali memimpin organisasi yang pernah dipimpinnya dulu sebelum digantikan Karsono telah terkonfirmasi.

“Beliau tidak hadir karena ada acara di Bontang, tapi sudah menyatakan kesiapan dan kami hubungi secara zoom,” Terang Alfons T Lung.

Sebelumnya keinginan para taekwondo Kaltim agar H. Andi Harun kembali memimpin TI Kaltim menguat, karena yang bersangkutan dianggap tokoh yang paling sangat mengetahui dan memahami taekwondo. Selain pernah memimpin organisasi taekwondo dan mencatatkan banyak prestasi untuk Kaltim, beliau sudah sangat akrab dilingkungan keluarga besar Taekwondo Kaltim.

“Beliau calon satu-satunya yang dianggap layak dan selama ini memang sudah akrab dengan taekwondo,” Ujar Alfons

Menurut Alfons, Naiknya H. Andi Harun melalui suatu proses yang telah dilakukan oleh tim penjaringan dan penyaringan bakal calon ketua baru Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (TI) Kaltim yang bekerja selama kurang lebih sebulan. Setelah meminta arahan kepada para senior taekwondo, Panpel dan tim penjaringan kemudian menginformasikan hal tersebut kepada para Pengurus Kota dan Kabupaten untuk dipertimbangkan, Hasilnya, selain H. Andi Harun, terdapat tiga bakal calon (balon), Namun dari ketiga nama tersebut, hanya satu orang yang memenuhi syarat untuk menjadi balon ketua.

Dengan terpilihnya Bapak H. Andi Harun ini menurut Alfons, bisa menjadi motivasi atlet untuk lebih berprestasi. "Khususnya menuju PON XX di Papua, diharapkan atlet bisa tampil maksimal dan membawa prestasi bagi Kaltim.

Sementara itu, Kepala Bidang Organisasi PBTI, Brigjen TNI (Purn) Untung Waluyo  hadir menggantikan Ketua Umum PBTI Letjen TNI (Purn) H.M. Thamrin Marzuki dan membacakan sambutan tertulis Ketua Umum PBTI. Dalam amanahnya, Ketua Umum PBTI berharap bahwa hasil Musprov dapat menjadi tonggak baru orientasi perkembangan dan prestasi taekwondo Kaltim di masa yang akan datang.

Momentum Musprov ini saya berharap, lahir komitmen baru yang diformulasikan menjadi program yang akan dijalankan oleh pengurus baru terkait upaya Kaltim untuk lebih meningkatkan kembali capaian prestasinya di tingkat nasional.” Tegas Thamrin Marzuki.

Oleh karenanya, Ketua Umum PBTI, berharap pengurus baru nanti dapat mengevaluasi secara holistik, (terstruktur, berjenjang dan berkala) di semua aspek dengan fokus pada problem solving pembinaan dan pegembangan prestasi sebagai jalan elementer untuk melakukan perubahan konstruktif prestasi taekwondo Kaltim kedepan.

Untuk mewujudkan hal itu, Ketua Umum PBTI meminta kepada Ketua Pengprov TI Kaltim terpilih, untuk lebih meningkatkan sinergi dan koordinasi dengan para Pengkab/ Pengkot, bersinergi dan berkoordinasi dengan PBTI dan pihak-pihak terkait di wilayah propinsi Kaltim, terutama kepada KONI Kaltim, Dispora dan pemerintah daerah untuk mengefektifkan dan meningkatkan kapasitas program-program kerja pembinaan dan pengembangan sumber daya atlet, pelatih dan para wasit. Termasuk upaya untuk meningkatkan geliat dan atmosfir pertandingan taekwondo di Kaltim, serta meningkatkan intensitas keikutsertaan atlet asal Kaltim dalam event-event atau open tournament nasional dan internasional.