Dedy Sulin : Pribadi Istimewa Menjadi Istimewa dengan Tetap Menghargai Keistimewaan Orang Lain

Mar, 04 2017
Wawasan & Motivasi

Salam SEHATI (SuksEs HebAt TerpujI)

Sering bahkan terkadang saya hampir hampir saja terlibat perseteruan yang tak terelakan, akibat tidak disadari atau sadar ketika berkumpul saling menunjukan kehebatan dan saling membanggakan diri. Dan tak ada satupun yang mau dianggap lebih rendah dari yang lain.

Sebagaimana diilustrasikan berkumpulnya empat binatang yang saling bersahabat, mereka adalah Kura-kura, Burung elang, merpati dan burung gereja. Awalnya hanya bercerita tentang kehidupan mereka selama ini, tentang petualangan , tentang keluarganya. Entah bagaimana mulanya, lambat laun pembicaraan mereka berkembang menjadi ajang menyombongkan diri, seperti tak mau kalah, keempat sahabatpun saling berlomba menunjukan kehebatan dan keistimewaan masing masing

Sang kura kura merasa bangga, karena dikarunia usia yang panjang bahkan sampai ratusan tahun, bisa hdup di dua alam dengan tempurung yang keras dan kuat. Baginya dirinyalah makhluk yang paling hebat dimuka bumi ini.
Sang Elang juga merasa yang hebat dengan bisa terbang tinggi kecepatan yang luar biasa, melihat berkilometer jauhnya dan bisa menangkap buruanya dengan cepat .

Begitu juga dengan merpati merasa burung yang sangat bermanfaat karena berjasa setiap hari menolong manusia menyampaikan surat mereka. Dan burung gereja merasa bahagia, dengan hidup apa adanya, tinggal dimanapun sesukanya dan manusia senang dengar kicauan bernada ceria.

Keributan itu tidak sampai terjadi dimana ada seorang kakek yang menasehati “ Sesungguhnya tidak ada yang perlu kalian ributkan, karena semua lahir dengan kelebihan yang berbeda beda dan semuanya istimewa. Yang penting jadilah diri kalian yang sebaik baiknya dan bermanfaat buat yang lain.

ALLAH SWT telah menjadikan manusia dengan keistimewaan yang berbeda beda. Semuanya ISTIMEWA , tidak ada yang benar benar LEBIH dan tidak ada yang benar benar KURANG. Maknanya, atas kelebihan yang kita miliki kita bisa BERBAGI, sebaliknya atas segala kekurangan kita bisa saling BELAJAR.

Tak perlu 'minder' dan tak boleh 'sombong' diri.  Yang TERBAIK adalah melakukan apapun yang bisa dengan benar dan sebaik baiknya demi kemanfaatan banyak orang. Mari gali kembangkan keistimewaan yang kita miliki untuk menjadi 'Pribadi yang istimewa dengan tetap menghargai keistimewaan orang lain‘

"Knowledge gives you power, with respect the efforts and your self will lead to self-discipline. Respect for ourselves guide our morals and respect to others guide the manners. We also respect someone's right to privacy. A great thing is to be 1(one)& United, but respect the right to be different or special is more greater."